Categories
Uncategorized

Masa Depan Bisnis: Bagaimana Kecerdasan Buatan Dapat Mendorong Perubahan Organisasi

Penerimaan luas kecerdasan buatan di masyarakat telah mengubah gaya hidup kita. Ketika datang ke bisnis, kecerdasan buatan menawarkan berbagai manfaat. Sebagian besar perusahaan lebih memilih kecerdasan buatan untuk mengurangi biaya operasional dan memaksimalkan keuntungan. Kecerdasan buatan telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita, dan kita berinteraksi dengannya setiap hari saat melakukan pekerjaan rumah sehari-hari atau melakukan aktivitas bisnis. Dampak kecerdasan buatan pada organisasi berada di luar pemikiran kami.

Kecerdasan Buatan – Pengubah permainan 

Kecerdasan buatan adalah istilah yang lebih luas dan dapat digunakan untuk mendefinisikan beberapa program komputer dan perangkat lunak yang melakukan aktivitas dan fungsi manusia, termasuk perencanaan, pembelajaran, dan pemecahan masalah. Kami tidak dapat mengaitkan kecerdasan buatan dengan beberapa aplikasi atau fitur tertentu, karena mencakup beberapa aspek. Untuk menganalisis dampak kecerdasan buatan pada organisasi, kita perlu mempertimbangkan area yang berbeda.

Pembelajaran mesin  adalah contoh paling umum dari AI dalam bisnis yang membantu berkembang dan berkembang. Pembelajaran mesin bermanfaat untuk memproses kumpulan data yang lebih besar dalam waktu singkat dengan menggunakan algoritme. Algoritme ini semakin baik dari waktu ke waktu—pembelajaran mesin yang menganalisis banyak kumpulan data.

  • Pembelajaran mendalam 

Pembelajaran mendalam lebih spesifik daripada pembelajaran mesin yang berfokus pada jaringan saraf untuk penalaran nonlinier. Ini memiliki fitur yang lebih canggih seperti deteksi penipuan, melakukan beberapa analisis, dan lainnya. Contoh AI dalam bisnis adalah mengidentifikasi informasi yang terkait dengan mengemudi mobil, termasuk kecepatan dan jarak.

Di antara dampak paling signifikan dari kecerdasan buatan pada organisasi, model pembelajaran mendalam. Algoritme pembelajaran mesin kehilangan kemampuannya setelah jumlah data maksimumnya mencapai batas. Namun, model dalam berperforma lebih baik dengan peningkatan jumlah data.

  • Peluang Kecerdasan Buatan dalam bisnis 

Kecerdasan buatan bertindak sebagai alat pendukung untuk bisnis. Orang dapat melihat dampak paling umum dari kecerdasan buatan pada organisasi melalui perubahan operasional mereka. AI menawarkan manfaat yang tak terhitung untuk bisnis, tetapi yang Anda butuhkan hanyalah kemauan untuk mengubah strukturnya di mana pun dan kapan pun memungkinkan.

  • Mengubah E-niaga 

Beberapa pengecer elektronik, termasuk Amazon, sedang mencari solusi AI yang dapat mengurangi biaya mereka. Banyak bisnis online memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik, menghasilkan lebih banyak prospek, dan menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Contoh AI dalam bisnis adalah penggunaan cookie untuk menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi kepada konsumen. Pernah berpikir tentang bagaimana sebuah platform mengetahui apa yang diinginkan pengguna? Mereka menggunakan fitur Natural Language Processing (NLP) seperti gambar, video, dan pengenalan suara.  

Beberapa perusahaan mengekstrak informasi berharga dari konsumen untuk memprediksi perilaku online dan produk yang paling sesuai untuk mereka. Biasanya, pesan yang lebih dipersonalisasi mengarah ke pelanggan setia dan bertindak sebagai taktik bagi bisnis untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik.

Beberapa perusahaan juga menerapkan teknik untuk mengidentifikasi probabilitas pengembalian produk , yang membantu mereka berkinerja lebih baik. Ada berbagai dampak kecerdasan buatan pada organisasi, terutama di industri e-commerce .

  • Digitalisasi 

Kecerdasan buatan adalah sejenis perangkat lunak pengambilan keputusan yang telah meningkatkan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan perangkat lunak yang ada. Kekuatan pengambilan keputusan yang ditingkatkan ini menghasilkan penerapan inovasi teknologi dalam bisnis untuk melakukan aktivitas dan tugas yang kompleks secara teratur. Dampak kecerdasan buatan pada organisasi ini mengarah pada keputusan yang lebih andal.   

  • Otomatisasi 

Kecerdasan buatan memiliki peran penting dalam otomatisasi dan manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang efisien . Biasanya, bisnis mengandalkan model CRM untuk mengatur dan mengelola karyawan dan tim secara efisien. Memanfaatkan kecerdasan buatan ke dalam model CRM membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi terbaru yang relevan tanpa keterlibatan manusia.  

Model CRM otomatis mengirimkan pembaruan otomatis ke orang yang bertanggung jawab, memastikan kelancaran dan fungsi organisasi yang terkendali. Kecerdasan buatan juga telah memperkenalkan konsep sistem koreksi diri, yang memudahkan pekerjaan manajer proyek melalui manajemen siklus hidup kerja yang efektif.

AI memberikan peluang kepada lembaga keuangan , termasuk bank dan organisasi perdagangan, untuk menawarkan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik. Contoh AI dalam bisnis adalah chatbot, memastikan layanan konsumen yang luar biasa melalui resolusi dan panduan kueri.

Anda dapat mengekstrak informasi dari kueri pelanggan dan menggunakannya untuk melatih chatbot Anda. Dengan mengintegrasikan AI dalam proses mereka, organisasi dapat memotong biaya tenaga kerja mereka dan mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh interaksi manusia.  

Saat ini, solusi perangkat lunak didasarkan pada analisis prediktif dan manajemen ilmu data. Ini adalah dampak positif dari kecerdasan buatan pada organisasi yang membantu mereka mendapatkan wawasan dan menyelesaikan masalah.

Singkatnya, ruang lingkup kecerdasan buatan terus berkembang di berbagai bidang bisnis. Dampak kecerdasan buatan pada organisasi tidak terlihat lagi. Inovasi teknologi tidak hanya membuat teknik kerja Anda efisien tetapi juga membuat pasar bisnis Anda kompetitif.    

Artikel Terkait: Lima Kesalahan Akuntansi Teratas yang Dilakukan Analis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *